Minggu, 20 Juli 2014

KEBERADAAN TOWER BTS TIDAK BERDAMPAK NEGATIF.

BY Ligal Sebastian 

A. Base Transmission Station (BTS)
BTS adalah singkatan dari kata base transmission station. Istilah base transmission station apabila disingkat yaitu menjadi BTS. Akronim BTS (base transmission station) merupakan singkatan/akronim resmi dalam Bahasa Indonesia. Bolak balik sama saja ya...maksudnya. Yang jels orang-orang sering menyebutnya tower telponmisalnya tower Indosat, tower Xl, tower Telkomsel dan sebagainya. Diakui pada saat suatu operator selular akan membangun BTS, biasanya warga sekitar akan menolak dengan alasan BTS tidak baik untuk kesehatan dan alasan yang lain. Alasan lain karena adalah kuarngnya sosialiasi kepada warga dan khawatir akan mengganggu kesehatan warga sekitar tower. Secara umum patut juga mengapat perhatian dari pihak terkait bahwa adanya kekhawatiran terhadap kegiatan Tower Telekomunikasi Celular, dengan beberapa alasan antara lain; Khawatir terganggunya kesehatan/kanker, Khawatir terganggunya sinyal televisi, Khawatir daerah tersebut jadi rawan petir, Khawatir tower roboh dan merusak rumah warga, Belum adanya sosialisasi ke warga sekitar dan Keberadaan tower akan mengakibatkan gangguan kesehatan. Kekhawatiran tersebut seharusnya disikapi secara ilmiah dengan memberikan dorongan pemahaman dan pengertian maupun sosialisasi bahwa apa yang ada dipersepsi masyarakat tidak 100% seperti itu, karena ada upaya atau prosedur yang seharusnya dipahami dan diketahui sehingga terhindar adany potensi gangguan tersebut. Bahkan diyakini bahwa dampak tersebut tidak akan terjadi, justru keberadaan tower celular tersebut akan memberikan kontribusi positif dan meningkatkan perekonomian, pengetahuan dan informasi bagi kepentingan masyarakat.

B.
Batas Radiasi Elektromagnetik

Level batas radiasi elektromagnetik yang diperbolehkan menurut standar WHO(World Health Organization) adalah 4,5 watt/m2 untuk perangkat yang menggunakan frekuensi 900 MHz dan 9 watt/m2 untuk frekuensi 1800 MHz.Level maksimum yang dikeluarkan oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineers) 6 watt/m2 untuk frekuensi 900 MHz dan 12 watt/m2 untuk frekuensi 1800 MHz.
Berdasarkan pengukuran di lapangan, pada jarak sekitar satu meter dari jalur pita pancar utama menara BTS yang berfrekuensi 1.800 MHz, diketahui bahwa total radiasi yang dihasilkan sebesar 9,5 watt/m2. Jika tinggi pemancarnya sekitar 12 meter, maka orang yang berada di bawahnya terkena radiasi sebesar 0,55 watt/m2. Sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir dengan radiasi dari pemancar yang ada di tower. Karena ketinggian tower rata-rata sekitar 40 meter, dan tidak ada manusia di ketinggian tersebut. Radiasi terbesar yang berpotensi mengganggu kesehatan adalah di udara tepatnya beberapa meter di sekitar antena pemancar, sehingga bila dikaitkan dengan keberadaan Tower GMS Telkomsel Pagar Bumi Kota Pagar Alam yang dibangun dengan ketinggian 52 Meter tentunya memberikan jaminan relatif aman dan potensi gangguan kesehatan tidak akan terjadi.

C. Antena Link Transmisi

Selama kita jauh dari antena pemancar tower, maka sebenarnya relatif aman. Justru radiasi dari ponsel sendiri yang meskipun kecil, tetapi sangat dekat dengan kepala kita, mungkin jauh lebih berbahaya ketimbang radiasi dari pemancar di tower. Oleh sebab  itu tidak perlu adanya kekhawatiran adanya antena Link Transmisi tower.

D. Tower Mengundang Petir

Terkait adanya isu terjadinya petir, bahwa diakui akibat keberadaan tower yang biasanya lebih tinggi dari bangunan atau rumah warga, cenderung mengundang petir. Tetapi sebenarnya setiap tower dilengkapi dengan penangkal petir, ada kabel yang terhubung ke tanah, berfungsi untuk menangkap dan menyalurkan petir ke dalam tanah. Dengan kondisi demikian maka keamanan dari dari bahaya petir juga sudah dipertimbangkan. Hal ini tentunya mendorong masyarakat agar mengetahui dan menghindarkan adanya persepsi yang menakutkan, karena setiap tower dalam hal ini Tower GSM telkomsel tentunya telah dilengkapi dengan pengaman dan penangkal petir secara baik. Namun demikian kewaspadaan dan kehati-hatian tetap menjadi perlu dalam kondisi hari-hari disekitar tapak Tower tersebut.

E. Runtuhnya Tower

Dalam berbagai kondisi diakui kekhawatiran tentu saja dapat muncul akibat adanya bangunan menara apabila dikaitkan dengan kejadian gejala dan bencana alam maupun kondisi yang tidak diperkirakan atas kemungkinan terjadinya keruntuhan menara/tower. Namun dalam hal ini, ternyata tidak perlu kita terlalu khawatirkan karena sebenarnya ada hal yang sangat berbahaya, yaitu jika tower roboh akibat konstruksi tower tidak bagus dan harus lebih diperhatikan. Terkait keberadaan Tower GSM Telkomsel pagarbumi tersebut, pihak pemilik telah membangun dengan menggunakan standar kualitas baik pada konstruksi yang digunakan dan telah menyiapkan sebuah paket perlindungan asuransi bagi perlindungan keselamatan warga. Selain itu jangan sampai warga sekitar jadi korban, akibat dari kelalaian dalam konstruksi Dengan mendasarkan bahwa pembangunan menara dilakukan dengan baik dan profesional maka warga diharapkan tidak menjadi trauma dan khawatir. Oleh sebab itu pemilik memberikan sosialisasi yang disertai kompensasi, yang besarnya biasanya makin besar jika lokasi warga makin dekat dengan tower. Wujud sosialisasi dan komunikasi dengan warga sekitar merupakan kunci yang terus dilakukan untuk membangun keyakinan, kepercayaan dan kebersamaan dalam keberlanjutan kegiatan operasional Tower kedepan.

F. Adanya Polusi Suara Akibat Genset 

Beberapa tower besar yang menjadi hub site/paraler dengan tower lainnya (tower induk yang menghubungkan banyak tower lainnya) biasanya dilengkapi dengan genset. Dan hal ini sering jadi masalah bagi warga sekitar, karena jika genset bekerja di malam hari, menimbulkan polusi suara yang mengganggu istirahat warga. Namun dalam kaitanya kegiatan pembangunan Tower GMS Telkomsel Pagar Bumi Kota Pagar Alam ditegaskan bahwa tidak menggunakan Genset karena dengan kemajuan teknologi saat ini tower telah dilengkapi dengan sistem aliran listrik yang dikendalikan secara otomatis, sehingga pada saat terjadinya pemadaman, maka fungsi tower akan bertahan dan beroperasi secara normal dalam rentang waktu tertentu.

Masyarakat diharapkan mengetahui dan tidak terlalu khawatir dengan keberadaan tower, selain sistem konstruksi yang sudah baik dan kuat direncanakan, tentunya dibangun dengan sistem keamanan dengan penjaminan asuransi perlindungan secara profesional. Diakui sebenarnya banyak yang lebih berbahaya dari keberadaan tower, terlebih Tower BTS bukanlah tower SUTET yang berbahaya. Radiasi tower BTS yang berbahaya hanya ada di sekitar antena, sehingga radiasi yang sampai pada warga sekitar tower masih berada di bawah ambang batas yang ditentukan. Selain itu warga diharapkan dapat menjaga kondisi lingkungan secara benar, mengetahui prosedur dan memahami keberadaan tower dan fungsinya dengan baik. 

3 komentar:

  1. Dilihat dari segi investasi tentu saja turun. Saya mencari rumah. Liat lokasi. Kl ada BTS pasti berpikir ulang untuk beli rumah itu. Bukan jangka pendek yg dipikirkan tp jangka panjang. Bangun saya ditengah kebun diatas bangunan sarang wallet jgn menyasar perumahan warga

    BalasHapus
  2. Buat pengguna android, nih ada app buat nyari DOLLAR online secara mudah tanpa modal dan legal modal HP aja , lumayan bisa ditukerin sama STEAM gift card, gem coc , Google Play gift card, paypal, facebook giftcard, Xbox,PlaystationStore, Amazon dan ItunesGiftCard
    1. Download aplikasi Whaff Rewards di playstore
    2. Setelah ke intsall buka appnya
    3. Seteah di buka klik tombol login, login ajaa pake akun facebook kalian
    4. Abis itu ada kotak invitation code
    5. Masukan kode AY85570
    6. Setelah masukan kode diatas kalian bakal Dapet $0.3, lumayan kaan, kalian tinggal ngumpulin deh sampe 10$
    7. Cara ngumpulinnya gampang, tinggal invite orang lain atau download aplikasi yang ada di app tersebut
    8. Setiap download aplikasi kalian akan mendapat hadiah sebagai reward, hadiahnya bisa $0.17, $0.22 sampe $0.66
    9. Setiap hari kalian pun akan mendapat reward bila setelah di download aplikasi tersebut tidak di uninstall lagi lumayan kaan setiap hari Uang kalian bertambah hehehe
    10. Setelah terkumpul $10 baru deh kalian bisa tukerin ke voucher google play,
    11. Terus kalian juga bisa tukerin sama Google Play gift card, steam gift card , paypal, facebook giftcard, Xbox,PlaystationStore, Amazon dan ItunesGiftCard

    Jangan lupa share trik ini ya :)

    BalasHapus
  3. Baru baca..ternyata sampai juga yah bangun tower di desaku...
    Dulu tak pernah terbayang...

    BalasHapus